1

Yuk, bantu anak bangkitkan pikiran positif!

by stela, Posted on: 17 Feb 2020, 13:09
0 Comments. - 439 Views.


Bagikan ke:

Berpikir positif adalah salah satu cara untuk bisa menerima keadaan yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan atau rencanakan. Berpikir positif bukan berarti kita pasrah, tapi berguna untuk membantu kita berpikir jernih dan semangat untuk menentukan langkah selanjutnya untuk memperbaiki keadaan.

Orang tua adalah panutan terbaik bagi anaknya dalam perbuatan maupun cara berpikir. Banyak hal sederhana yang dapat diajarkan oleh orang tua pada anak untuk membangkitkan pikiran positif agar menjadi suatu kebiasaan, diantaranya:

 1. Pengendalian emosi dan sikap tenang

 

Ajarkan anak untuk mengendalikan emosi. Jika anak dapat mengendalikan emosinya, maka akan lebih mudah menerima teguran dan saran yang diberikan oleh orang tua atau orang-orang di sekelilingnya. Diskusikan masalah anak dan bantu anak agar tetap tenang menghadapi masalahnya agar dapat menemukan pemecahan yang positif untuk permasalahan yang sedang dihadapi.

2. Bersyukur

Tanamkan pada anak untuk selalu bersyukur atas semua kejadian, meskipun jika anak merasa sedang gagal dalam melakukan sesuatu. Ingatkan anak bahwa dibalik kejadian yang tidak diinginkan atau direncanakan olehnya, tetap memiliki sisi positif dan ada hikmah dan pelajaran yang dapat diambil. Jadi jangan lupa bersyukur untuk semua pelajaran yang didapatkan melalui kegagalan.

3. Buang kebiasaan mengeluh

Kebiasaan mengeluh akan menular kepada anak. Mengeluh akan membuat kita tidak dapat melihat hal positif dalam suatu keadaan dan akan berakibat pada kemampuan mengambil tindakan selanjutnya. Sebaiknya hindari mengeluh di depan anak agar kebiasaan ini tidak ditiru.

4. Fokus pada solusi

Saat anak menghadapi masalah, bantu anak untuk fokus pada solusi, bukan masalah. Penting untuk mengetahui apa yang menjadi masalah dan apa penyebabnya, tetapi jangan terus berputar disitu, fokus mencari solusi untuk menyelesaikan masalah.

5. Teman-teman yang positif

Sifat dan pola pikir positif akan menular melalui interaksi sehari-hari. Berikan pengertian pada anak bahwa berkumpul dengan teman-teman yang memiliki sifat positif akan membawa akibat positif juga terhadap dirinya sendiri.

6. Disiplin

Dengan disiplin yang baik, maka kebiasaan akan mudah terbentuk, termasuk pola pikir positif. Bantu anak untuk terus mendisiplinkan diri agar semua hal baik yang telah diajarkan orang tua manjadi kebiasaan dan akan membentuk karakter positif dalam diri anak.

Sebagai orang tua, kita harus membantu anak untuk menghadapi permasalahannya sendiri. Dengan menanamkan pikiran positif pada anak sejak dini akan membantu membentuk karakter anak dalam menghadapi masalah di kemudian hari sampai anak menjadi dewasa. Dimulai dari hal-hal sederhana, yuk lakukan sejak dini..

 

 

Info sejenis
Tips dan Trik Menghadapi Ujian Akhir

Ujian akhir sudah dekat!  Buat yang sedang panik, galau dan gundah gulana karena merasa…

Baca selengkapnya →
Tebak Kata seru dan menarik

Let's Play !

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)