1

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

by stela, Posted on: 13 Jan 2020, 16:00
0 Comments. - 441 Views.


Bagikan ke:

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Orang tua harus menyadari bahwa perannya terhadap pendidikan anak sangat penting karena institusi pertama tempat anak belajar adalah rumah. Jadi tidak hanya menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada kepada pihak sekolah, tetapi orang tua juga harus terlibat langsung dan bekerja sama dengan sekolah dalam hal pendidikan anak. Dengan memberikan perhatian terhadap pendidikan anak, anak cenderung dapat meraih prestasi yang lebih baik.

 

Apa saja yang dapat dilakukan orang tua agar dapat mendukung pendidikan anak?

1. Pilih sekolah sesuai minat anak

Dengan mengetahui bakat dan minat anak, sebelum mendaftarkan anak ke sekolah, orang tua dapat mencari informasi mengenai sekolah yang dituju apakah sekolah tersebut dapat mendukung bakat dan minat anak. Anak akan merasa senang dan tidak terbebani jika bersekolah di tempat yang mendukung bakat dan minatnya.

2. Buat hubungan yang efektif antara guru, orang tua, dan sekolah

Dukungan orang tua pada aktivitas belajar anak di rumah dan juga keterlibatan orang tua pada sekolah anak sangat penting bagi proses pendidikan anak. Membangun hubungan yang efektif antara orang tua, kelaurga, dan sekolah untuk mendukung pembelajaran anak dapat mengarah pada hasil belajar yang meningkat.

3. Memberikan semangat kepada anak

Orang tua harus rajin memberikan semangat kepada anak untuk belajar, karena pendidikan formal sangat penting bagi anak dalam meraih cita-citanya. Dengan menghargai anak baik saat mereka mendapatkan prestasi yang baik akan memberikan semangat kepada anak untuk tetap mempertahankan prestasinya, sebaliknya dengan menghargai anak saat mereka mengalami kegagalan maka anak akan bisa bangkit kembali dan memulai dengan semangat yang baru.

4. Tanamkan budi pekerti

Menanamkan budi pekerti sangat penting dilakukan sejak dini agar anak bukan hanya menjadi anak yang cerdas di sekolah, tetapi juga cerdas dalam bersikap dan bersopan santun. Dengan mengajarkan sopan santun, menyapa orang lain, menjaga tutur kata, menghormati dan menghargai orang lain, maka anak akan cerdas dalam bersikap.

5. Membantu anak mengenali dirinya sendiri

Jika sejak dini anak dibantu untuk mengenali dirinya sendiri, mengenali bakat dan minatnya, akan sangat membantu anak untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Dengarkan keinginan anak, bangun dan arahkan anak agar tidak salah mengambil pilhan tanpa menggurui, berikan dukungan moril terhadap apa yang menjadi pilhan anak.

Info sejenis
Mau Masuk ke Sekolah Terbaik di Jakarta?

RESOLUSI 2020 Mau Masuk ke Sekolah Terbaik di Jakarta?…

Baca selengkapnya →
Persiapan Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Persiapan Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang Rasanya libur baru…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)