1

Cara Memotivasi Anak agar Semangat Belajar

by stela, Posted on: 06 Jan 2020, 16:34
0 Comments. - 452 Views.


Bagikan ke:

Cara Memotivasi Anak agar Semangat Belajar

Orang tua memiliki peran penting dalam mengarahkan anak agar tetap termotivasi untuk belajar. Anak akan termotivasi belajar apabila mereka mengerti apa manfaat dari belajar. Pada satu titik anak akan merasa jenuh belajar, mungkin karena merasa terbebani dengan tugas-tugas atau proses belajar mengajar di sekolah yang membosankan. Apabila anak sedang merasa jenuh belajar, maka peran orang tua sangat penting untuk mengembalikan motivasi anak. Stelapedia akan memberikan cara memotivasi anak agar semangat belajar.

1. Ikut Terlibat

Orang tua juga harus aktif dalam membimbing anak dalam belajar. Selalu tanyakan pada anak apa yang sedang dipelajari dan lalukan sesi tanya jawab seputar materi yang sedang dipelajari, ini merupakan cara yang efektif untuk membuat kegiatan belajar di rumah lebih menyenangkan dan tidak kaku.

2. Buat Struktur Belajar yang Baik

Terapkan pola disiplin untuk jadwal belajar anak. Disiplin bisa dimulai dari orang tua. Seperti pada saat anak harus belajar, orang tua sedapat mungkin ikut mendampingi dan tidak sibuk sendiri.

3. Kenali Gaya Belajar Anak

Dengan mengenai gaya belajar anak, orang tua dapat menciptakan suasana yang lebih menyenangkan saat anak belajar di rumah. Tidak semua anak dapat menerima pola belajar mengajar di sekolah yang menyebabkan anak kesulitan menangkap materi-materi pelajaran. Mengulang pelajaran di sekolah dengan cara yang lebih menyenangkan di rumah diharapkan dapat meningkatkan motivasi anak agar terus belajar dan tidak merasa bosan rutinitas sekolah.

4. Beri Pujian

Beri pujian atau hadiah apabila anak mencapai prestasi atau tujuan yang sudah mereka tetapkan. Anak yang mendapatkan rewards akan lebih termotivasi dalam mencapai tujuannya. Tetapi jangan terlalu berlebihan dalam memberikan pujian atau hadiah, karena akan menyebabkan tujuan anak menjadi tidak fokus.

5. Biarkan Anak Melakukan Hobi

Sekolah, les, dan pekerjaan rumah sudah sangat membebani anak dan menyebabkan anak merasa tertekan. Berikan anak waktu secukupnya untuk melakukan hobi mereka, agar kesenangan dan belajar menjadi seimbang. Apabila anak tidak merasa terbebani untuk belajar, maka waktu belajar akan lebih efektif.

6. Jelaskan Manfaat Belajar

Apabila anak sedang dalam keadaan kurang motivasi untuk belajar, ingatkan kembali akan tujuan yang sudah ditetapkan, dan belajar akan memberikan manfaat untuk mencapai tujuan tersebut.

Info sejenis
Mau Masuk ke Sekolah Terbaik di Jakarta?

RESOLUSI 2020 Mau Masuk ke Sekolah Terbaik di Jakarta?…

Baca selengkapnya →
Persiapan Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Persiapan Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang Rasanya libur baru…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)