1

kenapa Air Laut Tidak dapat menyatu?

by stela, Posted on: 16 Apr 2020, 12:21
0 Comments. - 447 Views.


Bagikan ke:

Walaupun sama-sama air laut, tetapi ternyata pertemuan air laut seperti contoh yang terjadi di Selat Gibraltar, yaitu pertemuan antara air laut dari Samudera Atlantik dan Laut Tengah, tidak dapat menyatu. Fenomena tidak dapat bercampurnya air laut ini disebut halocline yaitu penurunan tajam kadar garam.

Air dari Samudera Atlantik dan Laut Tengah mempunyai karakteristik, suhu air, dan kadar garam yang berbeda. Air laut dari Laut Tengah memiliki kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan dengan air laut dari Samudera Atlantik. Saat kedua air tersebut bertemu di Selat Gibraltar, karakter dari masing-masing air tidak berubah.

Selain karena perbedaan tingkat kadar garam, tegangan permukaan air juga menjadi alasan tidak bercampurnya air laut dari Samudera Atlantik dan Laut Merah. Air laut dari Samudera Atlantik berwarna yang biru cerah memiliki tegangan permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan air laut dari Laut Tengah yang memiliki warna lebih gelap. Perbedaan tegangan permukaan ini menyebabkan pertemuan kedua air laut ini terlihat seperti ada pembatas.

Dimana lagi fenomena halocline yang kamu tahu?

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)