1

Yogyakarta sebagai Kota Pelajar

by stela, Posted on: 09 Mar 2020, 18:43
0 Comments. - 622 Views.


Bagikan ke:

Yogyakarta atau Jogja merupakan kota yang memiliki banyak predikat, salah satunya sebagai Kota Pelajar. Predikat Kota Pelajar berkaitan dengan sejarah dan peran kota ini dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Yogyakarta pernah menjadi Ibukota Republik Indonesia pada tahun 1946 – 1949. Pada masa itu, pemimpin bangsa Indonesia berkumpul di kota ini. Para remaja dari berbagai kota di Indonesia berdatangan ke kota ini untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan negeri. Untuk dapat membangun negara yang baik diperlukan tenaga-tenaga yang terdidik dan terlatih, sehingga Pemerintah Republik Indonesia mendirikan Universitas Gadjah Mada.

Predikat Kota Pelajar diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada Yogyakarta bukan tanpa alasan. Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka yang diikuti dengan pendirianlembaga pendidikan negeri maupun swasta lain yang tidak kalah berkualitas.

Banyaknya perguruan tinggi di Yogyakarta merupakan salah satu alasan mengapa kota ini mendapat julukan Kota Pelajar. Hampir seluruh perguruan tinggi di kota ini telah terakreditasi yangdidukung dengan fasilitas yang mendukung mahasiswanya untuk mengembangkan potensi diri. Tidak hanya itu, alumni-alumni dari universitas yang ada di Jogja terbukti memiliki kompetensi yang sangat bersaing dengan alumni-alumni dari universitas di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Selain memiliki tempat wisata untuk para pelajar dan mahasiswa, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, museum, dan masih banyak lagi, biaya hidup di Jogja termasuk murah lho. Jadi tidak salah untuk menjadikan universitas-universitas yang ada di Jogja sebagai tujuan tempat kuliah kamu nanti.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)