1

Tips Orang Tua Mengajarkan Anak Berpuasa

by stela, Posted on: 22 Apr 2020, 12:33
0 Comments. - 389 Views.


Bagikan ke:

Memulai sesuatu memang tidak mudah, begitu juga dengan mengajarkan anak puasa dan memberikan pengertian kepada anak agar dapat memaknai apa arti dari puasa bagi umat muslim.

STELA akan memberikan beberapa tips untuk para orang tua yang sedang mengajarkan anaknya untuk berpuasa. Yuk simak..

  1. Cerita dan mainan Ramadhan
    Anak-anak selalu gemar bercerita. Salah satu cara memperkenalkan Ramadhan untuk anak-anak dengan memilih dan memberikan cerita-cerita yang menarik mengenai Ramadhan. Orang tua juga dpat menyiapkan mainan yang bertema Ramadhan, seperti puzzle dengan gambar-gambar islami. Diharapkan anak-anak akan menyambut Ramadhan dengan antusias.

     
  2. Memberikan pengertian mengenai manfaat puasa
    Banyak manfaat yang bisa didapat dari puasa. Dari segi kesehatan, organ-organ pencernaan dapat beristirahat selama kita puasa, termasuk enzim dan hormonnya. Puasa juga dapat melatih disiplin pada anak, seperti bangun di waktu yang lebih pagi, sahur dan berbuka puasa pada waktu yang telah ditentukan. Selain itu, melatih ketaatan dan kejujuran anak dalam menjalankan perintah agama. Orang tua harus memberikan pengertian mengenai manfaat puasa kepada anak dengan cara dan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

     
  3. Menyusun menu makanan bersama
    Buat rencana menu makan sahur dan berbuka puasa bersama anak dengan mendiskusikan menu apa yang mereka inginkan. Dengan memberikan penyajian yang menarik, diharapkan mampu menambah dan menjaga selera makan anak selama Ramadhan.

     
  4. Perhatikan pola makan anak
    Ada perubahan pola makan selama puasa. Pada saat puasa, orang tua hanya menyiapkan makanan untuk anak 2 kali sehari, pada waktu sahur dan berbuka puasa. Karena perubahan pola makan ini, orang tua harus lebih memperhatikan gizi dalam setiap makanan yang dikonsumsi oleh anak agar energi dan kesehatan anak tetap terjaga.

Mengingat puasa adalah suatu kewajiban bagi umat muslim, hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah orang tua harus disiplin dan konsisten dalam mengajarkan anak untuk puasa. Diharapkan anak sudah memiliki pengertian akan kewajiban dan terbiasa melakukan puasa seiring dengan pertumbuhan anak menjadi remaja dan dewasa nantinya.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)