1

Tips Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

by stela, Posted on: 04 May 2020, 13:46
0 Comments. - 529 Views.


Bagikan ke:

Umat muslim di dunia sedang menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi #Covid19. Semua kegiatan termasuk shalat taraweh dan buka puasa bersama terpaksa dihentikan untuk mengurangi penyebaran #Covid19.

Saat puasa, imun tubuh harus tetap terjaga agar terhindar dari penyakit dan tetap bugar dalam menjalani puasa. Yuk, simak beberapa tips berpuasa di tengah pandemi #Covid19 ala Sela!


1. Pola Tidur yang Cukup 
Mengatur pola tidur yang baik menjadi sangat penting di saat seperti ini. Penelitian membuktikan orang yang kurang tidur akan lebih rentan terkena penyakit dibandingkan orang yang memiliki tidur yang cukup.
 


2. Konsumsi makanan Nabati
Sayur, buah, dan kacang-kacangan yang kaya nutrisi dan antioksidan akan membantu sistem imun tubuh kita melawan virus dan bakteri.
 


3. Konsumsi Air Mineral
Selama berpuasa kurang lebih 13 jam, tubuh akan menahan makan dan minum. Agar cairan dalam tubuh tercukupi, atur konsumsi air putih dengan teratur. Kamu bisa mengkonsumsi 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka, dan 4 gelas air putih pada malam hari sebelum tidur.
 


4. Hindari konsumsi gula berlebih
Asupan gula berlebih di bulan puasa bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Semua penyakit ini dapat melemahkan sistem imun tubuh kita loh!
 


5. Berolahraga
Walaupun berpuasa kamu tetap bisa melakukan olahraga teratur untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Olahraga bisa kamu lakukan sebelum berbuka puasa atau beberapa jam setelah berbuka puasa agar tubuh tetap aktif dan bugar.
 


6. Konsumsi vitamin
Selain tidur cukup, makanan bergizi, dan olahraga, mengkonsumsi vitamin saat berbuka dan sahur juga tidak kalah penting saat berpuasa di tengah pandemi #Covid19 ini. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin C, vitamin D dan Zinc untuk menjaga imun tubuh.

Ingatlah untuk tetap menjaga pola hidup sehat, pola tidur yang teratur, serta mengonsumsi makanan sehat, agar sistem imun tubuh tetap terjaga selama berpuasa.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)