1

Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

by stela, Posted on: 29 Apr 2020, 13:17
0 Comments. - 396 Views.


Bagikan ke:

Anak bisa diajarkan berpuasa sejak dini. Pasti akan ada kekhawatiran dari orang tua seperti anak tidak kuat puasa atau akan jatuh sakit saat puasa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua agar anak kuat menjalani puasa dan kesehatannya tetap terjaga selama berpuasa.
 

1. Menjaga asupan nutrisi anak
Agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga, menu makan 4 sehat 5 sempurna anak harus seimbang pada saat sahur dan berbuka puasa. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Pastikan anak mengkonsumsi sayur dan buah pada saat sahur dan berbuka selain makanan yang mengandung karbohidrat.

2. Cukupi kebutuhan air anak
Untuk memenuhi cairan pada tubuh, ingatkan anak untuk sering minum air putih selama sahur dan sesudah berbuka puasa. Kurangnya cairan dalam tubuh akan mengakibatkan mata cekung, bibir kering, lemas, dan intensitas buang air kecil berkurang.
 

3. Jaga aktivitas fisik anak
Ingatkan anak untuk tidak bermain dalam permainan yang membutuhkan banyak aktivitas fisik agar anak tidak cepat lelah dan merasa lapar. Bantu anak memilih permainan atau melakukan aktivitas lain yang dapat dilakukan di dalam rumah tetapi tetap menyenangkan.


4. Atur pola tidur anak
Pastikan anak tidur cukup. Bangun sahur akan sulit bagi anak yang tidak cukup tidur dan kurang tidur juga akan menyebabkan anak merasa cepat lelah saat berpuasa.


5. Berikan dukungan dan motivasi kepada anak
Anak harus mengerti kenapa dia harus berpuasa dan apa manfaatnya. Jadi orang tua harus sabar dalam memberikan dukungan dan motivasi kepada anak agar anak tidak menyerah untuk menjalankan ibadah puasa.


Tentu tidak mudah mengajarkan anak berpuasa, apalagi harus berpuasa penuh dari Subuh sampai Magrib. Jangan ragu untuk mulai mengajarkan anak berpuasa. Mulai dari 2 jam dan terus ditingkatkan sesuai kemampuan dan usia anak.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)