1

Nelson Rolihlahla Mandela

by stela, Posted on: 22 Jul 2020, 13:38
0 Comments. - 468 Views.


Bagikan ke:

 

Pada 1961, Mandela ikut mendirikan Umkhonto we Sizwe atau MK, sebuah cabang bersenjata ANC (Kongres Nasional Afrika) yang bertugas menyabotase dan menggunakan taktik perang gerilya untuk mengakhiri apartheid. Dia mengatur pemogokan pekerja nasional selama tiga hari. Dia kembali memimpin aksi serupa pada tahun berikutnya dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara. 

Apartheid adalah salah satu jenis politik yang menggunakan sistem pemisahan dan pembatasan ras, agama, kepercayaan, dan adanya pemisahan kelas sosial dimana kelompok mayoritas akan mendominasi kelompok minoritas.
Pada 1963, Mandela diseret ke pengadilan lagi. Kali ini, dia dan 10 pemimpin ANC lainnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena pelanggaran politik, termasuk sabotase. Selama 27 tahun, Mandela menghabiskan waktunya dengan mendekam di penjara. Selama di penjara, Mandela mengidap penyakit tuberkolosis dan sebagai tawanan politik kulit hitam Mandela mendapat perawatan terendah. Namun, meski dipenjara, dia berhasil mendapat gelar Sarjana Hukum melalui program korespondensi Universitas London.

Pada tahun 1985, Presiden PW Botha menawarkan pembebasan Mandela dengan syarat perlawanan bersenjata dihentikan. Namun, tawaran itu ditolak. Menggantikan Botha yang terkena stroke, Frederik Willem de Klerk mengumumkan pembebasan Mandela pada 11 Februari 1990. Dia juga membatalkan pemblokiran terhadap ANC, menghapus pembatasan pada kelompok politik dan membekukan eksekusi. 
Setelah menderita infeksi paru-paru pada Januari 2011, Nelson Mandela meninggal dunia di rumahnya di Johannesburg, Afrika Selatan pada 5 Desember 2013 di usia 95 tahun. 


#temansela tahu tidak, bahwa setiap tahun tanggal 18 Juli dinyatakan sebagai Hari Mandela loh! Hari internasional ini dirayakan untuk mempromosikan perdamaian global dan merayakan warisan pemimpin Afrika Selatan.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)