1

Manfaat Penerapan Home Learning

by stela, Posted on: 01 Apr 2020, 13:12
0 Comments. - 437 Views.


Bagikan ke:

Dalam kondisi pandemi COVID-19 Kementerian Pendidikan dan kebudayaan mengambil kebijakan Home Learning bagi seluruh sekolah. Pembelajaran yang dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Pembelajaran ini difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, salah satunya mengenai pandemi COVID-19.

Seperti yang sudah kita ketahui, Home Learning atau belajar di rumah merupakan konsep pendidikan berbasis rumah atau keluarga. Dalam situasi ini, sekolah memanfaatkan konsep Home Learning dengan menerapkan metode pendidikan jarak jauh.  Pendidikan jarak jauh adalah metode pelajaran berbasis internet. Peserta didik dan guru berada di lokasi terpisah sehingga membutuhkan sistem untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan didalamnya.

Konsep Home Learning atau pendidikan jarak jauh yang digunakan oleh sekolah ini memiliki manfaat selain untuk menerapkan Social Distancing lho.

  1. Belajar jadi lebih praktis dan menyenangkan
    Pembelajaran di kelas bisa membosankan sehingga materi yang diberikan oleh guru menjadi tidak efektif, melalui Home Learning ini siswa dapat mengulang materi apapun jika mereka belum benar-benar memahaminya dengan menggunakan berbagai jenis gadget yang mereka miliki.
  1. Menghemat biaya
    Peserta didik tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli buku atau sumber ilmu lainnya, karena semua materi pembelajaran tersedia secara online dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  1. Mengajarkan mandiri dan tanggung jawab
    Siswa diberikan kesempatan memegang seluruh kendali atas keberhasilan dalam proses belajar mereka dengan dibantu pengawasan orang tua dan pendampingan untuk memastikan keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

Metode pendidikan jarak jauh ini juga harus mempertimbangkan fasilitas belajar dari rumah. Umpan balik yang diberikan oleh guru harus bersifat nilai kualitatif tanpa memberi skor/nilai. Jadi manfaatkan pendidikan jarak jauh ini untuk mengejar materi yang tertinggal ya.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)