1

Kenapa Pesawat Terbang Berwarna Putih?

by stela, Posted on: 05 Feb 2020, 19:15
3 Comments. - 470 Views.


Bagikan ke:

 

Apakah kamu pernah memperhatikan bahwa walaupun setiap maskapai punya gambar atau corak masing-masing untuk badan pesawatnya, tetapi sebagian besar badan pesawat berwarna putih? Ada beberapa alasan kenapa pesawat berwarna putih. Yuk simak..

  1. Memantulkan energi panas dari matahari

Warna putih dianggap warna yang paling sedikit menyerap panas. Agar kabin tetap sejuk, maka warna putih adalah pilihan yang baik dibandingkan dengan warna lain.

 

  1. Lebih mudah mendeteksi kerusakan pada badan pesawat

Warna putih pada badan pesawat akan memudahkan teknisi untuk menemukan keretakan, kepenyokan, celah, atau kerusakan lain karena kerusakan akan terlihat kontras dengan warna putih.

 

  1. Mudah dikenali apabila terjadi kecelakaan

Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan pesawat, maka warna putih merupakan acuan bagi regu penyelamat dalam melakukan pencarian baik di darat maupun di laut. Karena warna putih akan terlihat kontras dengan warna alam, seperti warna air laut atau tanah.

 

  1. Tidak pudar

Warna putih juga dipilih dengan alasan tidak luntur. Saat terbang di ketinggian, pesawat akan terkena kondisi atmosfer, sehingga menyebabkan warna selain putih akan cepat memudar. Penggunaan warna lain akan menyebabkan maskapai akan lebih sering mengecat ulang pesawatnya untuk tetap mempertahankan estetika pesawat. Jadi dengan alasan lebih ekonomis, maskapai lebih memilih mempertahankan warna dasar putih untuk badan pesawatnya.

 

  1. Logo maskapai akan lebih menonjol

Dengan warna dasar putih pada badan pesawat, maka logo maskapai akan lebih mudah dikenali baik dilihat dari darat maupun udara. Sehingga pesawat komersial lebih memilih warna dasar putih untuk pesawat mereka.

Jadi selain memilik manfaat ekonomis, warna putih pada pesawat merupakan salah satu alasan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat pesawat berada di udara.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (3)
guyonan_
2020-02-07 05:37:45

mantul...itu mungkin juga jawaban kenapa uban di kepala berwarna putih..hehehe

Alpiana pratama
2020-02-05 20:52:23

Memberikan informasi yang belum saya ketahui

yacob_malick@rocketmail.com
2020-02-05 19:30:24

Terima kasih jadi lebih tau kenapa pesawat lebih dominan warna putih.. coba kalau kuning bisa lebih berbahaya..hehe