1

Daerah Istimewa Yogyakarta

by stela, Posted on: 11 Mar 2020, 18:11
0 Comments. - 365 Views.


Bagikan ke:

Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi tertua di Indonesia setelah Jawa Timur. Sejak tanggal 15 Agustus 1950, Undang-Undang Republik Indonesia mengukuhkan bahwa Yogyakarta merupakan Daerah Istimewa yang setara dengan Provinsi

Kenapa Yogyakarta istimewa? Berikut beberapa alasannya:

1. Kebudayaan Kerajaan yang melekat

Sebelum bergabung dalam wilayah Negara Indonesia, Yogyakarta memiliki sistem pemerintahan yang berbentuk kerajaan yaitu Kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat dan Pakualam dan masih melekat sampai saat ini. Keistimewaan Yogyakarta merupakan mahar atas bergabungnya Ngayogyakarto ke Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

2. Amanat Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII

Amanat ini dikenal dengan Amanat 5 September. Setelah kemerdekaan Indonesia, kerajaan-kerajaan bekas jajahan bisa melepaskan diri dari NKRI.  Sri Sultan dan Paku Alam memberikan dukungan terhadap NKRI yang isinya “Bahwa Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat yang bersifat keradjaan adalah Daerah Istimewa dari Negara Republik Indonesia.”

 

3. Keistimewaan Yogyakarta didukung oleh Para Bapak Indonesia (Founding Fathers) terutama Soekarno dengan payung hukum payung hukum piagam penetapan

Payung hukum ini dikeluarkan oleh Soekarno pada tanggal 19 Agustus 1945 dan diserahkan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII pada tanggal 6 September 1945.

 

4. Keistimewaan Yogyakarta dikuatkan dalam hal Sejarah Pembentukan Pemerintahan DIY

Terkait dengan perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia sesuai UUD 1945, Pasal 18 dan Penjelasannya yang menjamin hak asal usul suatu daerah sebagai daerah swapraja (daerah yang memiliki hak pemerintahan sendiri).

Dengan alasan-alasan tersebut, Yogyakarta menjadi berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia. Meskipun kota ini sudah lebih modern, tetapi tidak pernah melepaskan jati diri dan masih melestarikan budanya secara turun temurun.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)