1

Belajar Efektif di Rumah

by stela, Posted on: 16 Mar 2020, 12:50
0 Comments. - 534 Views.


Bagikan ke:

Sebagai upaya pencegahan dan mengurangi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), beberapa Pemerintah Daerah mulai memberi himbauan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Gubernur Jakarta, Bapak Anies Baswedan, mengambil kebijakan untuk menunda Ujian Nasional SMA dan SMK yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2020 ini.

Buat kamu yang terkena dampak dari kebijakan libur sekolah harus tetap belajar di rumah. Memang bukan hal mudah untuk tetap disiplin belajar di rumah karena banyak hal yang dapat membuat kamu tidak fokus belajar saat belajar di rumah. Bagaimana caranya agar belajar di rumah sama efektif dengan belajar di sekolah? Stelapedia berikan beberapa tips ya..

 

  

1. Disiplin
Hal pertama yang harus kamu tanamkan adalah disiplin. Rencanakan materi pelajaran dan waktu belajar dan disiplin dalam mengikuti rencana yang telah dibuat. Sebetulnya mudah saja, karena kamu juga sudah terbiasa dengan jadwal belajar mengajar di sekolah kan, jadi kamu hanya perlu membawa kebiasaan ini ke rumah.
 

2. Latihan Soal
Ini saatnya kamu mengulang materi yang telah diberikan di sekolah dengan cara mengerjakan latihan soal. Kamu punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan latihan soal karena tidak terbagi dengan waktu mendengarkan penjelasan dari guru. Selain dari buku, contoh-contoh soal juga bisa kamu dapatkan dari situs-situs internet. 


3. Musik
Mendengarkan musik saat belajar akan membuat kamu lebih konsentrasi karena mengurangi gangguan dari keadaan sekitar seperti suara obrolan keluarga atau kegiatan sekitar dan membuat kamu lebih rileks. Hindari mendengarkan musik yang ada liriknya karena lirik akan mengganggu konsentrasi kamu.
 

4. Minum air mineral
Air putih membuat tubuh kamu segar. Sediakan air putih di tempat kamu belajar, jadi saat kamu tiba-tiba merasa ngantuk, bosan atau lelah saat belajar, segarkan diri dulu dengan minum segelas air putih. Selain membuat tubuh kamu tetap segar saat belajar, air putih kan juga menyehatkan.

 

5. Tempat yang nyaman
Kelebihan belajar di rumah adalah kamu dapat menentukan sendiri dimana kamu ingin belajar. Pastikan tempat belajar kamu nyaman agar kamu bisa mengikuti jadwal yang telah direncanakan secara efektif. Tempat yang terlalu banyak gangguan seperti teras atau ruang tamu akan membuat konsentrasi kamu buyar, karena banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh keluarga yang lain di tempat-tempat itu.

 

Libur sekolah saat ini bukan merupakan hari libur yang telah ditetapkan dalam kalender akademik sekolah pada awal tahun ajaran, melainkan karena adanya himbauan dari Pemerintah untuk mengantisipasi dampak dari kejadian yang sedang dialami oleh beberapa negara termasuk Indonesia. Sebaiknya tetap mengisi hari-hari libur kamu dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat.

Untuk tetap menjaga kesehatan, jangan lupa untuk lebih raijn mencuci tangan dan hindari mendatangi tempat-tempat ramai ya.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)