1

Apa yang Terjadi Pada Otak Manusia Saat Tidur?

by stela, Posted on: 22 Jan 2020, 14:19
0 Comments. - 542 Views.


Bagikan ke:

Manusia menghabiskan sekitar sepertiga umurnya untuk tidur. Tidur bukan hanya sekedar istirahat, tapi jauh dari itu ada proses perbaikan pada seluruh organ tubuh. Apa saja yang terjadi pada otak saat tidur?
Meski tampak pasif, dan aktivitas otak turun sekitar 40 persen, tetapi otak tetap sangat aktif selama Anda tidur. Saat tidur, terjadi 5 siklus tidur yang berbeda. Berikut penjelasan siklus tidur yang terjadi pada otak:
1. Tahap pertama dari tidur ada gelombang otak undulations kecil. 
2. Selama tahap kedua, gelombang ini diselingi dengan sinyal listrik yang disebut sleep spindles, yaitu semburan kecil dari aktivitas yang berlangsung beberapa detik dan membuat keadaan tenang. 
3. Tahap ketiga terjadi gelombang lambat yang besar, semakin besar dan lambat gelombang otak maka tidur akan semakin dalam. 
4. Tahap keempat, 50 persen gelombang otak melambat. Pada titik ini, 40 persen aliran darah normal di otak dialihkan ke otot untuk mengembalikan energi.
5. Tahap kelima tidur REM adalah tingkat tertinggi aktivitas otak. Tahap ini biasanya berhubungan dengan mimpi yang dipicu oleh pons, yaitu bagian dari batang otak yang mengirimkan impuls saraf antara sumsum tulang belakang dan otak.

Info sejenis
Tahukah Kamu?

Tahukah Kamu? Ketika kita lahir kita sudah memiliki 270…

Baca selengkapnya →
Seberapa kuat gigi kita?

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya…

Baca selengkapnya →
Berikan Komentar
List komentar (0)